Reset Konfigurasi Router

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai konfigurasi reset dan backup di router cisco. Konfigurasi ini diperlukan apabila telah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bisa dibilang konfigurasi ini sangat krusial bagi para Network Engineer apabila terjadi sesuatu. Jika kita mengalami suatu kondisi yang mengharuskan untuk menghapus konfigurasi yang telah dibuat (reset), misalnya karena salah melakukan konfigurasi atau router mengalasi carash, maka perintah yang perlu diberikan yaitu:

Router #erase startup-config 
Router #reload

Perintah yang diberikan sebelumnya, akan menghapus file konfigurasi yang telah dibuat pada NVRAM dan ketika router telah selesai melakukan restart, maka seluruh file konfigurasi yang ada akan hilang dan router akan kembali berada pada kondisi setup mode. Selain perintah sebelumnya, ada perintah lebih sederhana yang dapat diberikan untuk menghilangkan konfigurasi yang telah dibuat, yaitu:

Router #write erase
Router #reload

Konfigurasi Backup Router

Prosedur backup dan restore adalah sesuatu yang mungkin bukan hanya sangat penting namun juga menyangkut “nasib” pekerjaan kita. Bayangkan saja jika kita dengan tiba-tiba melakukan reset terhadap router dan belum sempat menyimpan konfigurasi yang telah dibuat, maka akan menjadi suatu masalah pelik jika harus memasukkan kembali perintah-perintah yang sebelumnya sudah dibuat dan mungkin saja berbaris-baris panjangnya.

Contoh Topologi FTP Server dan client

Untuk keperluan backup dan restore pada router cisco, maka kita perlu menyiapkan sebuah aplikasi yaitu Tftpd32. Aplikasi ini menggunakan protokol TFTP (Trivial File Transfer Protocol) yang merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk melakukan transfer terhadap suatu berkas. Meskipun sudah terhitung tua, namun masih banyak digunakan untuk transfer berkas-berkas yang berukuran kecil. Ketika akan melakukan backup atau restore terhadap router kita menggunakan aplikasi Tftpd32, maka router akan bertindak sebagai TFTP Client sedangkan PC/Laptop akan bertindak sebagai TFTP Server.

Untuk menyimpan file konfigurasi yang telah dibuat ke dalam TFTP server, perintah yang perlu kita masukkan yaitu:

Router #copy running-config TFTP
Remote host [] ? 192.168.1.2
Name of configuration file to write [remote-config]? Konfig

Konfigurasi Restore Router

Untuk mengembalikan (restore) terhadap file konfigurasi yang telah anda buat pada TFTP server ke router, adalah dapat menggunakan perintah (jangan lupa memberikan IP Address pada interface yang terhubung dengan TFTP server jika kita telah menghapus file konfigurasi router cisco):

konfigurasi tftpd32
Router #copy TFTP running-config
Address or name of remote host [] ? 192.168.1.2
Source filename [] ? konfig
Router #write