Router Cisco seperti halnya router-router lainnya memiliki sistem operasi yang berfungsi mengatur fungsi dan kinerja router secara keseluruhan yang bernama Cisco Internetwork Operating Systems (IOS). Tentu saja agar dapat mengoperasikan Router Cisco dan mempraktekkan konfigurasinya. Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengakses sitem operasi dari Router Cisco anda.

Router Cisco 1900 series

Untuk mengakses Router Cisco pertama kali, setidaknya anda membutuhkan sebuah kabel rollover (bisa juga disebut kabel console) yang terdapat pada paket pembelian Router Cisco anda. Kabel rollover digunakan untuk mengakses Router Cisco melalui layanan terminal. Jika anda masih menggunakan notebook atau PC tipe lama yang masih memiliki port serial, anda dapat langsung mengakses dan melakukan konfigurasi pada router anda.

Namun jika anda menggunakan PC atau notebook tipe terbaru yang umumnya telah menghilangkan fitur port serial, maka anda perlu menyiapkan sebuah usb to serial converter (tentunya anda perlu memasang driver R232 pada notebook atau PC anda) agar dapat mengakses dan mengonfigurasi Router Cisco.

Kabel Rollover

Selanjutnya untuk mengakses Router Cisco kita perlu juga menyiapkan aplikasi atau software terminal yang berguna untuk mengakses Router Cisco melalui PC atau Laptop yaitu menggunakan aplikasi terminal bernama Putty.

Prosedur yang perlu disiapkan untuk mengakses Router Cisco melalui Putty adalah sebagai berikut:

1. Hubungkan PC/Laptop dengan Router Cisco anda menggunakan kabel rollover yang telah tersedia. Tancapkan konektor kabel rollover pada port console Router Cisco dan port usb PC/Laptop anda.

port console router cisco

2. Buka aplikasi Putty dan atur connection type pada mode Serial.

Aplikasi Putty

3. Pastikan serial line atau jalur komunikasi serial yang digunakan telah diset dengan benar. Jalur komunikasi yang digunakan oleh PC atau Laptop anda (COM) dapat diketahui dengan mengakses menu Device Manager pada Control Panel. Pada menu device manager klik tab Ports (COM & LPT) untuk melihat jalur komunikasi serial yang digunakan pada PC atau Laptop.

Menu Device Manager

4. Setelah mengetahui jalur komunikasi serial yang digunakan oleh PC/Laptop anda, isilah port yang digunakan pada Serial line lalu klik Open. Jika semuanya berjalan dengan lancar, maka kita dapat mengakses sistem operasi pada Router Cisco. Karena router berada dalam kondisi belum dikonfigurasi, maka router anda akan berada pada mode setup mode.

setup mode router cisco