Konfigurasi NTP

Konfigurasi NTP (Network Time Protocol) meskipun kadang terlihat sepele karena konfigurasi jam yang benar pada router. Umumnya tidak berpengaruh pada kinerja router, namun pada kenyataannya konfigurasi NTP sangatlah penting. Konfigurasi jam yang benar akan membantu anda untuk mempelajari setiap perintah yang telah dikerjakan oleh router dalam selang waktu tertentu. Setting NTP dapat dilakukan dengan perintah:

Router (config) #ntp server x.x.x.x (IP Address)

Setting Konfigurasi Password Router Cisco

Untuk melindungi konfigurasi pada router dari “tangan-tangan jahil” atau dari pihak-pihak yang ingin “mengintip” konfigurasi Router. Maka anda perlu mengetahui 5 macam password yang digunakan untuk:

  1. Console
  2. Auxiliary
  3. Telnet
  4. Enable password
  5. Enable secret

Enable password dan enable secret mencegah pihak-pihak lain untuk berpindah dari user exec mode ke mode yang lebih tinggi. Sedangkan password untuk console, auxiliary dan telnet berguna untuk melindungi router anda ketika akan diakses melalui layanan console, auxiliary, dan telnet. Fitur enable password dapat diaktifkan dengan cara perintah ini:

Router (config) #enable password 123456

Jika password telah aktif, maka ketika akan mengakses kembali router. Anda akan melihat pesan notifikasi berikut yang meminta anda untuk memasukkan password yang telah di-set:

Router>enable
Password:

Apakah router sudah benar-benar aman? Jawabannya tidak. Kenapa demikian? Bukankah router telah diamankan dengan kode sandi atau password? Ya, router telah terlindungi dari pihak-pihak luar. Namun password yang dimasukkan belum tentu aman karena masih dapat terlihat dengan jelas tatkala perintah show run dijalankan. Dengan kata lain, musuh-musuh jahil dapat beruntung melihat password yang telah dimasukkan secara gamblang tatkala anda hanya ingin sekedar ingin melihat konfigurasi atau fitur-fitur yang sedang aktif pada router. Hal tersebut dapat dibuktikan ketika perintah show run dimasukkan, maka akan muncul notifikasi seperti ini:

boot-start-marker
boot-end-marker
!
enable password 123456

Melalui pesan yang muncul, dapat dilihat bahwa password yang anda gunakan sama sekali tidak disembunyikan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu ditambahkan perintah:

Router (config) #service password-encryption

Melalui perintah service password-encryption, maka password yang dimasukkan akan di enkripsi dan hasilnya hanyalah sebuah angka atau huruf yang tak beraturan. Hal tersebut dapat anda lihat ketika mengetikkan perintah show run, hasilnya akan terlihat seperti ini:

boot-start-marker
boot-end-marker
enable password 7 08734123B4C5

Konfigurasi Enable Secret

Fitur enable secret memiliki fungsi yang sama dengan enable password namun memiliki kelebihan yaitu password yang anda berikan akan langsung dienkripsi oleh router. Fitur enable secret dapat diaktifkan dengan perintah:

Router (config)#enable secret kunci

Perlu diketahui bahwa ketika anda mengaktifkan enable password lalu mengaktifkan juga enable secret, maka password yang digunakan pada enable password akan secara otomatis akan digantikan oleh password yang digunakan pada enable secret. Sebagai catatan pula bahwa password yang digunakan pada enable secret dan enable password tidak boleh sama.